Cara Downgrade Versi Android Xiaomi: Panduan Lengkap

Introduction

Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Setiap tahun, Google selalu merilis update terbaru dari Android yang menjadi daya tarik bagi pengguna. Namun, beberapa pengguna Xiaomi mungkin ingin melakukan downgrade dari versi Android yang lebih baru ke yang lebih lama.

Apa itu Downgrade?

Downgrade adalah proses mengembalikan versi Android Xiaomi dari yang lebih baru ke yang lebih lama. Hal ini dilakukan oleh beberapa pengguna karena beberapa alasan seperti adanya bug atau masalah performa yang muncul setelah melakukan update.

Kenapa Perlu Downgrade?

Banyak pengguna Xiaomi yang ingin melakukan downgrade karena beberapa masalah seperti:

  • Battery drain (pengurangan daya baterai yang cepat)
  • Performa yang menurun
  • Masalah dengan aplikasi
  • Bug atau kesalahan sistem

Cara Downgrade Versi Android Xiaomi

1. Backup Data Anda Terlebih Dahulu

Sebelum Anda mulai melakukan downgrade, pastikan Anda melakukan backup data penting Anda seperti pesan, foto, dan video. Hal ini untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan saat proses downgrade.

2. Unduh ROM yang Sesuai

Unduh ROM yang sesuai dengan perangkat Xiaomi Anda. Pastikan ROM yang diunduh adalah ROM yang lebih lama dari yang saat ini Anda gunakan. Unduh ROM dari situs resmi Xiaomi atau dari situs terpercaya lainnya.

3. Aktifkan Mode Pengembang

Aktifkan mode pengembang pada perangkat Xiaomi Anda dengan cara masuk ke pengaturan, pilih tentang ponsel, lalu ketuk nomor build beberapa kali sampai muncul notifikasi bahwa mode pengembang telah diaktifkan.

4. Aktifkan USB Debugging

Aktifkan USB debugging pada perangkat Xiaomi Anda dengan cara masuk ke pengaturan, pilih opsi pengembang, dan kemudian aktifkan USB debugging.

5. Hubungkan Perangkat Xiaomi Anda ke PC

Hubungkan perangkat Xiaomi Anda ke PC menggunakan kabel USB. Aktifkan USB debugging jika diminta.

6. Install Mi Flash Tool

Unduh dan install Mi Flash Tool pada PC Anda. Mi Flash Tool adalah aplikasi yang digunakan untuk menginstal file ROM pada perangkat Xiaomi.

7. Buka Mi Flash Tool

Buka Mi Flash Tool pada PC Anda dan klik pada tombol “Browse” untuk memilih file ROM yang telah Anda unduh sebelumnya.

8. Masuk ke Mode Fastboot

Masuk ke mode fastboot pada perangkat Xiaomi Anda dengan cara menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan. Pilih opsi fastboot pada menu yang muncul.

9. Mulai Proses Downgrade

Klik tombol “Flash” pada Mi Flash Tool untuk memulai proses downgrade. Tunggu proses downgrade selesai dengan sabar dan jangan cabut kabel USB sampai proses selesai.

10. Selesai

Setelah proses downgrade selesai, perangkat Xiaomi Anda akan reboot secara otomatis. Anda dapat memeriksa versi Android yang saat ini terinstal pada perangkat Xiaomi Anda untuk memastikan bahwa proses downgrade berhasil.

Penutup

Demikianlah panduan lengkap tentang cara downgrade versi Android Xiaomi. Pastikan Anda melakukan backup data Anda terlebih dahulu sebelum memulai proses downgrade. Selain itu, pastikan Anda mengunduh ROM yang sesuai dan melakukan proses downgrade dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan pada perangkat Xiaomi Anda.