Cara Hitung Ongkir Volume

Pengenalan

Mengirim barang memang sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa dihindari. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat mengirimkan barang adalah biaya ongkos kirim atau ongkir. Ongkir merupakan biaya yang dikenakan oleh pihak ekspedisi untuk mengirimkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi besarnya biaya ongkir adalah volume barang yang dikirim. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghitung ongkir volume agar tidak terjadi kelebihan biaya.

Pengertian Ongkir Volume

Ongkir volume merupakan besarnya biaya ongkir yang dikenakan berdasarkan volume barang yang dikirimkan. Ongkir volume biasanya dikenakan pada barang yang berukuran besar namun memiliki berat yang ringan. Contohnya adalah bantal, guling, dan boneka besar. Ongkir volume dihitung berdasarkan rumus panjang x lebar x tinggi (dalam cm) dibagi dengan 6.000.

Cara Menghitung Ongkir Volume

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung ongkir volume:

1. Ukur Panjang, Lebar, dan Tinggi Barang

Langkah pertama adalah dengan mengukur panjang, lebar, dan tinggi barang menggunakan penggaris atau meteran. Pastikan untuk mengukur dalam satuan centimeter (cm).

2. Hitung Volume Barang

Setelah itu, hitung volume barang dengan cara mengalikan panjang x lebar x tinggi (dalam cm). Contohnya, jika panjang barang 50 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 30 cm, maka volume barang adalah 60.000 cm3 (50 x 40 x 30).

3. Hitung Ongkir Volume

Setelah mengetahui volume barang, selanjutnya hitung ongkir volume dengan cara membagi volume barang dengan 6.000. Misalnya, jika volume barang adalah 60.000 cm3, maka ongkir volume adalah 10 kg (60.000 : 6.000).

Tips Menghemat Ongkir Volume

Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat ongkir volume:

1. Gunakan Kemasan yang Sesuai

Pastikan untuk menggunakan kemasan yang sesuai dengan ukuran barang yang akan dikirim. Jangan menggunakan kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil.

2. Kompres Barang

Jika barang yang akan dikirim memiliki udara di dalamnya, seperti bantal atau guling, maka kompres barang tersebut sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.

3. Gunakan Jasa Ekspedisi yang Terpercaya

Pilihlah jasa ekspedisi yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam mengirimkan barang. Jasa ekspedisi yang baik akan memberikan saran mengenai kemasan yang sesuai dan cara mengirimkan barang yang tepat.

Kesimpulan

Menghitung ongkir volume merupakan hal yang penting untuk menghindari kelebihan biaya saat mengirimkan barang. Dengan mengetahui cara menghitung ongkir volume, Anda dapat menghemat biaya ongkir dan mengirimkan barang dengan lebih efisien. Jangan lupa untuk mengikuti tips menghemat ongkir volume agar biaya ongkir lebih terjangkau.