Cara Membuat 2 Lampu 1 Saklar

Intro

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara menghemat penggunaan saklar dalam rumah? Terkadang, kita perlu menyalakan beberapa lampu dalam satu ruangan, tetapi harus memutar saklar satu per satu. Padahal, hal itu bisa diatasi dengan cara membuat 2 lampu 1 saklar. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui caranya.

Langkah Pertama: Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa alat yang diperlukan antara lain kabel listrik, saklar, dan obeng. Sedangkan bahan yang diperlukan antara lain lampu, fitting, dan sekrup.

1. Kabel Listrik

Pertama-tama, Anda memerlukan kabel listrik sebagai penghubung antara lampu dan saklar. Pastikan bahwa kabel listrik yang digunakan memiliki ukuran yang sesuai dengan daya lampu yang digunakan. Jangan lupa untuk memotong kabel sesuai dengan panjang yang dibutuhkan.

2. Saklar

Anda juga memerlukan saklar sebagai pengatur aliran listrik. Pilihlah saklar yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga untuk memilih saklar yang memiliki dua lubang untuk kabel listrik.

3. Lampu

Selanjutnya, Anda memerlukan lampu sebagai sumber cahaya. Pilihlah lampu yang sesuai dengan kebutuhan dan pastikan lampu tersebut memiliki fitting yang dapat dipasangkan dengan mudah.

4. Fitting

Fitting digunakan sebagai tempat memasang lampu. Pastikan bahwa fitting yang digunakan sesuai dengan jenis lampu yang digunakan. Fitting yang baik dapat memastikan lampu tetap terpasang dengan aman.

5. Sekrup

Terakhir, Anda memerlukan sekrup untuk memasang fitting dan saklar ke dinding. Pastikan bahwa sekrup yang digunakan kuat dan tahan lama.

Langkah Kedua: Pemasangan Lampu dan Fitting

Setelah semua bahan dan alat telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah memasang lampu dan fitting. Pemasangan ini sebaiknya dilakukan sebelum pemasangan saklar. Pasang fitting pada langit-langit sesuai dengan posisi yang diinginkan. Setelah itu, pasang lampu pada fitting dengan hati-hati dan pastikan lampu telah terpasang dengan kuat.

Langkah Ketiga: Pemasangan Saklar

Setelah lampu dan fitting terpasang, saatnya memasang saklar. Pasang saklar pada dinding dengan menggunakan sekrup. Pastikan saklar terpasang dengan kuat dan tidak goyah.

Langkah Keempat: Hubungkan Kabel Listrik

Langkah terakhir adalah menghubungkan kabel listrik dari lampu ke saklar. Hubungkan kabel listrik yang berasal dari lampu ke lubang yang ada di saklar. Lakukan hal yang sama untuk kabel listrik yang berasal dari saklar ke sumber listrik.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat 2 lampu 1 saklar yang dapat dilakukan dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghemat penggunaan saklar dalam rumah. Selain itu, Anda juga dapat menghemat energi listrik dengan cara menyalakan lampu yang diperlukan saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!