Cara Ngeflash Hp Oppo A3S

Pengenalan

Oppo A3s adalah ponsel pintar yang populer di Indonesia. Namun, seperti layaknya ponsel pintar lainnya, Oppo A3s juga dapat mengalami gangguan pada sistem operasinya. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan proses flash. Pada artikel ini, kami akan membahas cara ngeflash HP Oppo A3s dengan mudah dan cepat.

Apa itu Flashing?

Flashing adalah proses memasukkan suatu sistem operasi baru ke dalam ponsel pintar. Proses ini dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah pada sistem operasi yang lama. Misalnya, jika HP Oppo A3s Anda mengalami hang, bootloop, atau bahkan mati total, proses flashing dapat membantu memperbaiki masalah tersebut.

Persiapan Sebelum Ngeflash HP Oppo A3s

Sebelum melakukan proses flashing, pastikan Anda telah melakukan backup data penting di HP Oppo A3s Anda. Hal ini dikarenakan proses flashing dapat menghapus semua data pada ponsel pintar Anda, dan membuatnya kembali seperti saat pertama kali dibeli. Selain itu, pastikan baterai HP Oppo A3s Anda telah terisi penuh atau minimal 50%. Hal ini untuk memastikan proses flashing berjalan dengan lancar dan tidak terganggu oleh kehabisan daya baterai. Terakhir, pastikan Anda telah mengunduh firmware yang tepat untuk HP Oppo A3s Anda. Firmware adalah file sistem operasi baru yang akan di-flash ke HP Oppo A3s Anda. Pastikan firmware yang Anda unduh sesuai dengan tipe dan versi HP Oppo A3s Anda.

Cara Ngeflash HP Oppo A3s

Setelah semua persiapan telah dilakukan, berikut adalah langkah-langkah cara ngeflash HP Oppo A3s: 1. Pertama, ekstrak firmware yang Anda unduh sebelumnya. 2. Selanjutnya, instal driver USB dari HP Oppo A3s Anda ke komputer Anda. Driver USB dapat Anda unduh dari situs resmi Oppo. 3. Jika driver USB sudah terinstal, matikan HP Oppo A3s Anda. 4. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol volume atas dan volume bawah pada HP Oppo A3s Anda secara bersamaan, lalu sambungkan HP Anda ke komputer menggunakan kabel USB. 5. Setelah itu, buka aplikasi SP Flash Tool di komputer Anda. 6. Pada aplikasi SP Flash Tool, klik tombol “Scatter-loading” dan cari file scatter yang ada di dalam firmware yang telah Anda ekstrak sebelumnya. 7. Setelah file scatter terbuka, centang semua bagian kecuali “PRELOADER”. 8. Selanjutnya, klik tombol “Download” pada aplikasi SP Flash Tool. 9. Proses flashing akan dimulai, dan Anda dapat melihat statusnya pada aplikasi SP Flash Tool. 10. Setelah proses flashing selesai, lepaskan kabel USB dan nyalakan HP Oppo A3s Anda. 11. Tunggu beberapa menit sampai HP Oppo A3s Anda menyala dan masuk ke halaman awal. 12. Setelah HP Oppo A3s Anda menyala, pastikan Anda mengatur ulang HP Oppo A3s Anda dan memulihkan data yang telah Anda backup sebelumnya.

Penutup

Itulah cara ngeflash HP Oppo A3s dengan mudah dan cepat. Proses flashing memang sedikit rumit, namun dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah pada sistem operasi HP Oppo A3s Anda. Jangan lupa untuk selalu melakukan backup data penting sebelum melakukan proses flashing, dan pastikan firmware yang Anda unduh sesuai dengan tipe dan versi HP Oppo A3s Anda.