Exynos 850 Setara Dengan Snapdragon Berapa? Inilah Ulasannya Di Tahun 2023

Mengenal Exynos 850 dan Snapdragon

Exynos 850 dan Snapdragon adalah dua jenis prosesor yang sering digunakan pada smartphone. Exynos diproduksi oleh Samsung, sementara Snapdragon diproduksi oleh Qualcomm. Kedua prosesor ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Exynos 850 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2020. Prosesor ini dikembangkan khusus untuk smartphone kelas menengah. Sedangkan Snapdragon sudah lebih dulu dikenal dan banyak digunakan pada berbagai jenis smartphone dari berbagai merek.

Perbandingan Performa

Perbandingan performa antara Exynos 850 dan Snapdragon berapa? Menurut beberapa tes benchmark, performa kedua prosesor ini hampir setara. Namun, Snapdragon masih sedikit lebih unggul dalam beberapa aspek.

Selain itu, performa prosesor juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti RAM, kapasitas penyimpanan, dan kualitas baterai. Sehingga, tidak bisa hanya berpatokan pada jenis prosesor saja untuk menilai performa smartphone secara keseluruhan.

Kelebihan dan Kekurangan Exynos 850

Exynos 850 memiliki kelebihan dalam hal efisiensi daya. Prosesor ini lebih hemat daya baterai sehingga dapat menjaga daya tahan baterai smartphone lebih lama. Selain itu, Exynos 850 juga mampu menangani multitasking dengan baik.

Namun, kekurangan dari Exynos 850 adalah performanya yang kurang unggul dibandingkan Snapdragon. Prosesor ini juga kurang optimal dalam menangani aplikasi yang membutuhkan kinerja yang tinggi seperti game dan aplikasi editing video.

Kelebihan dan Kekurangan Snapdragon

Sedangkan Snapdragon memiliki kelebihan dalam hal performa. Prosesor ini mampu menangani aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi dengan baik. Selain itu, Snapdragon juga memiliki dukungan untuk teknologi 5G, sehingga smartphone dengan prosesor Snapdragon dapat terhubung ke jaringan internet 5G.

Namun, kekurangan dari Snapdragon adalah konsumsi daya yang cukup besar sehingga dapat mempengaruhi daya tahan baterai smartphone. Selain itu, Snapdragon juga lebih mahal dibandingkan Exynos 850.

Kesimpulan

Setelah membandingkan kelebihan dan kekurangan kedua prosesor ini, dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan prosesor terbaik tergantung pada kebutuhan pengguna. Jika lebih memerlukan daya tahan baterai yang lama, maka Exynos 850 bisa menjadi pilihan. Namun, jika lebih memerlukan performa yang tinggi dan dukungan 5G, maka Snapdragon bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Sebelum membeli smartphone, pastikan untuk memeriksa spesifikasi dan jenis prosesor yang digunakan. Dengan begitu, Anda bisa memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Meningkatkan Performa Smartphone

Bagi Anda yang ingin meningkatkan performa smartphone, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Hapus aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat ruang penyimpanan dan mempercepat kinerja smartphone.

2. Gunakan Aplikasi Cleaner

Aplikasi cleaner dapat membersihkan file-file sampah dan cache yang tidak dibutuhkan sehingga dapat mempercepat kinerja smartphone.

3. Kurangi Animasi

Kurangi animasi pada smartphone untuk mempercepat kinerja dan menghemat daya baterai.

4. Perbarui Sistem Operasi

Perbarui sistem operasi secara berkala untuk mendapatkan fitur dan peningkatan performa yang lebih baik.

5. Gunakan Kartu Memori yang Cepat

Gunakan kartu memori yang memiliki kecepatan tulis/baca yang tinggi untuk mempercepat proses membaca dan menulis data pada smartphone.

Kesimpulan

Itulah ulasan tentang perbandingan Exynos 850 dan Snapdragon serta tips meningkatkan performa smartphone. Semoga bermanfaat bagi Anda.