Pentingkah Megapixel di Kamera HP Anda?

Kami akan menjelaskan apa sebenarnya megapiksel. Ketika kita berbicara tentang fotografi, unit pengukuran yang biasanya digunakan adalah ukuran megapixel nya. Secara umum, banyak dari kita dapat menghubungkan megapiksel yang dimiliki kamera ponsel dengan kualitas foto, padahal sebenarnya ini adalah sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan itu.

Oleh karena itu, agar Anda tidak jatuh ke dalam kesalahan dengan percaya bahwa kamera dengan miliaran megapiksel akan mengambil beberapa foto yang mendebarkan, kami akan menjelaskan kepada Anda dengan cara yang paling sederhana dan paling mendasar apa yang dimaksud dengan ukuran ini. Kami akan menyebutkan apa sebenarnya ukuran megapiksel, dan kemudian kami akan memberi tahu Anda sejauh mana mereka penting atau tidak dalam fotografi seluler.

Di sini kami akan mencoba menyederhanakan konsep agar lebih mudah dipahami oleh orang-orang dengan pengetahuan teknis yang kurang. Namun, Anda bebas untuk membagi pengalaman Anda di bagian komentar.

Apa itu megapixel?

Piksel adalah unit ukuran terkecil dalam fotografi digital, dan merupakan titik atau bujur sangkar kecil yang berubah warna. Semua gambar terdiri dari piksel, termasuk artikel yang sedang Anda baca ini di komputer atau ponsel Anda. Perubahan warna piksel ini adalah yang menggambar huruf artikel, warna tepi, atau foto yang ada. Semuanya terdiri dari titik-titik.

Piksel dapat terlihat jika Anda melihat dari dekat ke layar, meskipun resolusi tinggi yang dimiliki banyak orang saat ini membuatnya lebih rumit. Dan dalam foto digital ada cara sederhana untuk melihatnya, yaitu memperbesar foto sampai Anda melihat bahwa pada akhirnya semua yang Anda lihat hanyalah kotak berwarna.

Dalam dunia fotografi, semakin banyak piksel yang dimiliki sebuah foto, semakin tinggi resolusinya. Karena foto yang terdiri dari 1000 piksel akan mirip dengan menggambarnya di buku catatan kotak yang melukis setiap kotak dengan warna.

Satu megapiksel sama dengan satu juta piksel, cara sederhana untuk berbicara tentang ukuran gambar tanpa harus menulis banyak nol. Oleh karena itu, jika kita berbicara tentang foto yang memiliki megapiksel, kita mengatakan bahwa foto ini terdiri dari satu juta piksel atau titik. Dan foto 12 megapiksel akan memiliki resolusi yang lebih baik daripada satu, karena memiliki lebih banyak titik membuat gambar lebih padat, dan terlihat lebih nyata.

Untuk apa megapiksel?

Dalam dunia fotografi seluler, megapiksel digunakan untuk menunjukkan ukuran foto yang dapat diambil oleh ponsel. Oleh karena itu, jika ponsel Anda memiliki sensor 12 megapiksel, itu karena gambar yang Anda miliki saat mengambil foto terdiri dari 12 juta piksel.

Megapiksel yang dimiliki gambar diperoleh dengan mengalikan piksel horizontal dan vertikal. Misalnya, foto dengan lebar 1920 piksel dan tinggi 1080 piksel, resolusi yang kita kenal sebagai Full HD, akan sedikit di atas 2 megapiksel.

Semakin banyak megapiksel yang dimiliki kamera ponsel, semakin banyak foto yang dapat diambil. Oleh karena itu, jika Anda ingin wallpaper dinding di dalam ruangan, Anda mungkin memerlukan kamera dengan banyak megapiksel, tetapi untuk foto biasa yang akan Anda lihat di ponsel, tablet, komputer atau yang akan Anda cetak sebagai foto kertas, Anda mungkin tidak membutuhkan banyak.

Oleh karena itu, beberapa produsen seperti Apple terus bertaruh pada kamera 12 megapiksel ketika ada orang lain yang memiliki 64 atau lebih dari 100, karena untuk penggunaan kamera yang paling “normal” atau dasar, yaitu mengambil foto yang dapat Anda simpan untuk dilihat. di PC, tablet atau cetak, Anda benar-benar tidak membutuhkan lebih banyak lagi. Meskipun tentu saja, tergantung pada kegunaan lain yang ingin Anda berikan pada foto, maka mungkin Anda membutuhkan lebih banyak lagi.

Seberapa penting mereka?

Jika Anda ingin mencetak foto dalam ukuran besar, maka penting untuk mengambilnya dengan kamera megapiksel tinggi. Namun, untuk foto yang akan Anda cetak dalam ukuran yang sama dengan foto kertas, sekitar 12 megapiksel biasanya lebih dari cukup.

Jika Anda akan mengedit gambar, dipahami bahwa jika memiliki banyak megapiksel dan Anda akan memotongnya di editor komputer, gambar yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang lebih baik karena akan memiliki lebih banyak piksel. Namun hati-hati, hal ini tidak selalu terjadi, karena gambar yang memiliki banyak piksel dapat membuatnya lebih kecil, menangkap warna lebih buruk, dan bekerja lebih buruk saat pencahayaan kurang.

Untuk alasan ini, penting untuk menemukan keseimbangan. Jika ada jumlah megapiksel yang berlebihan, foto bisa menjadi lebih buruk dengan pencahayaan yang lebih sedikit, seperti di malam hari, tetapi jika memiliki sedikit megapiksel, itu bisa menjadi kurang fleksibel saat bekerja dengannya. Namun, ada produsen yang telah menemukan solusi seperti menggabungkan piksel, membuat empat dari mereka melakukan fungsi satu. Oleh karena itu, ini adalah teknologi yang saat ini membantu banyak kamera megapiksel.

Tetapi ada juga banyak aspek lain yang bergantung pada kualitas foto, seperti fakta bahwa ada beberapa lensa kamera, objektif dan aperture masing-masing, sensor yang mereka lengkapi, atau bahkan algoritme fotografi foto processing lah yang sangat menentukan kualitas foto. Megapiksel menentukan ukuran, dan itulah mengapa penting untuk tidak mencampuradukkan ukuran dengan kualitas.

Singkatnya, ketika melihat kamera ponsel, Anda harus mencoba menghindari mengaitkan jumlah megapiksel dengan kualitas, karena aspek fisik lainnya dari sensor kamera adalah yang akan benar-benar menandai kualitas, dan sensor tersebut memiliki harga. Untuk alasan ini, ponsel 1juta an dan 120 megapiksel di kamera dapat mengambil foto yang lebih buruk daripada ponsel 10juta an dan 12 megapiksel, karena ada banyak teknologi lain yang sematkan di hp tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.